Senin, 25 Januari 2010

TUTUR KATA

Yakobus 3:1-12

Tutur kata adalah bagian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Tuhan Yesusberkata bahwa perkataan yang diucapkan keluar dri hati. Itu membuktikan bahwa tutur kata seseorangmenyatakan bagaimana keadaan hatinya. Yesus berkata di dalam Matius 12:33 "Jikalau suatu pohon kita katakan baik, maka baik pula buahnya. sebab dari buahnya pohon itu dikenal". Buah disin tidak hanya menunjukkan perbuatan tetapi juga perkataan.

Saudara yang terkasih, dalam berbicara ada hal yang patut direnungkan yaitu:

* Harus mengontrol emosi. Sekalipun emosi kita telah terpancing oleh perkataan orang lain, diusahkan agar kita tetap mengontrol/menguasai diri agar emosi itu tidak meledak. Meledaknya emosi orang itu akan membuat dia kehilangan berkat sebagai saksi Kristus yang seharusnya penuh dengan kesabaran dan kelemah lembutan.

* Jangan sok menggurui. Menggurui artinya memberikan pegajaran kepada orng yang lebih tahu dari kita. Sebaiknya kita harus mengintropeksi diri lebih dahulu sebelum mengajar, mengarahkan orang lain sebab alkitab mengatakan "awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu" I Tim. 4:16 . Sekalipun kita pintar berkata-kata tetapi bila perbuatan kita tidak konsisten dengan perkataan itu percuma.

"Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggung jawabkan pada hari penghakiman. Karena menurut ucapanmu engaku akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akn dihukum". AMIN.

( Perkatan yang baik membawa kita hidup lebih baik )

Tidak ada komentar: